Pages

Sabtu, 27 Maret 2010

Wedang uwuh atau minuman sampah (bahasa jawanya)


wedang uwuh atau dalam bahasa indonesia disebut minuman sampah. minuman tradisional ini berasal dari imogiri, bantul, yogyakarta (daerah makam raja-raja). jangan salah sangka dahulu, disebut wedang uwuh karena minuman ini campuran dari berbagai macam rempah-rempah yang berada di dalam suatu gelas, oleh sebab itu maka tumpukan rempah-rempah akan terlihat seperti sampah. racikan rempah-rempah yang terdapat di dalam wedang uwuh itu banyak sekali, bahan-bahanya untuk membuat wedang uwuh yaitu: jahe, kulit kayu secang, kayu manis, cengkih, daun pala, kadang juga bisa ditambahka daun sereh atau daun jeruk, dan juga bisa ditambahkan dengan gula batu. rasanya pasti akan tambah nikmat.
sejarahnya wedang uwuh adalah miniman yang hanya bisa dikonsumsi oleh raja-raja keraton dizaman dahulu, dahulu tidak sembarangan orang bisa meminumya. sekarang ini minuman itu bisa kita konsumsi dengan mudah, kita bisa menemukan minuman itu di daerah imogiri.
wedang uwuh juga memiliki manfaat bagi tubuh kita, contohnya jahe, jahe dapat menurunkan kolesterol kita yang tinggi. harga per bungkus sangat murah, kita bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 3.000,-. Murah bukan. selain bermanfaat bagi tubuh kita, wedang uwuh juga termasuk minuman yang murah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar